Kisah Lucu Aparat Yang Tak Mengenal Gus Dur Tapi Kenal Abdurahman Wahid

tibeth – Dalam buku “Gus Dur Menertawakan NU” diceritakan, dalam kisah ini Gus Dur di era orde baru diundang untuk memberikan ceramah d iuniversitas yang berada di dalam pesantren. Pidato Gus Dur pasti akan membakar banyak orang, terutama para pemimpin Orde Baru.

Kisah Lucu Aparat Yang Tak Mengenal Gus Dur Tapi Kenal Abdurahman Wahid

Namun, tak lama kemudian, panitia kegiatan yang diwakili oleh wakil kepala sekolah ketiga dipanggil oleh pihak yang berwenang. Maklum, seperti diketahui saat itu, orang orang yang vokal dilarang kuliah karena dinilai mengganggu stabilitas dan keamanan.

Di depan aparat yang meminta pertanggung-jawaban itu Pembantu Rektor III menjelaskan bahwa dirinya dijebak oleh mahasiswa. Dia mengira itu adalah Abdurrahman Wahid, tetapi ternyata itu adalah Gus Dur.

Pembantu rektor menjelaskan padanya. “Ya, saya dijebak oleh mahasiswa. Pak maafkan saya, saya kira Abdurrahman Wahid yang ada di sana, bukan Gus Dur, nah kalau Gus Dur masa mau saya larang wong dia cucu kiai pendiri Nahdlatul Ulama, kok.”

Segera setelah itu, pasukan keamanan mengetahui tentang dia dan tidak menghukumnya. “Aduh hati-hati lain kali, lebih hati-hati. Kalau mengundang Gus Dur jangan sampai Abdurrahman Wahid atau orang orang vokal lain yang datang,” ujarnya.

Gus Dur adalah seorang Ulama Indonesia yang kemudian menjadi presiden keempat Republik Indonesia. Ia dikenal sebagai seorang Ulama dan politikus, dan ia sering mengkritik orde baru melalui lelucon.

Gus Dur yang dianggap sebagai kiai jenius dan bapak pluralisme , menjunjung tinggi segala jenis kebhinekaan, termasuk semua agama yang ada di Indonesia. Semoga Gus Dur menjadi inspirasi masa depan bangsa Indonesia. Amin

Author: work work

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *