Cerita Lucu Pertempuran 10 November 2020

Cerita Lucu Pertempuran 10 November 2020

Selama ini kita mengenal 10 November 1945 sebagai puncak ‘Pertempuran Surabaya’. Momen perang pertama Indonesia melawan pasukan asing, setelah Proklamasi Kemerdekaan Indonesia. Selain itu, 10 November 1945 sebagai pertempuran terbesar dan terberat dalam histori Revolusi Nasional Indonesia, melawan kolonialisme.

Ternyata di balik kisah getirnya para pahlawan kala itu, terselip peristiwa kocak demi menghadapi perundingan dengan tentara Inggris. Momen yang membuat tersenyum itu, tertuang dalam buku “10 November ’45, Mengapa Inggris Membom Surabaya?”.

Kejadian tak terduga, mendadak jadi kapten. Ingin paham kisah lengkap dan siapa tokoh yang dimaksud? Simak informasinya berikut ini.

Rangkaian pertempuran 10 November 1945 tak hanya meninggalkan kisah heroik semata. Terselip terhitung lebih dari satu peristiwa lucu.

Termasuk sikap polosnya para pejuang Republik Indonesia, ketika hendak menghadapi perundingan dengan tentara Inggris.

Sekitar tanggal 30 Oktober 1945, diadakan gencatan senjata pada pasukan Tanah Air dan tentara Inggris. Salah satu kesepakatan yang diperoleh adalah membentuk joint comittee, yang dapat sama-sama mengawasi gencatan senjata.
Berunding dengan Inggris

Kedua belah pihak sepakat untuk mengakibatkan perundingan bersama. Pihak Inggris diwakilkan oleh Brigjen Mallaby, Kolonel Pugh, Mayor Hudson, Kapten Shaw, dan Wing Commander Groom.

Sementara dari Indonesia tersedia Residen Sudirman, Dul Arnowo, Atmaji, Sungkono, Kusnandar, Ruslan Abdulgani dan lain-lain.

Di komite dengan itu, Kapten Shaw menjabat sebagai sekretaris. Dari pihak Republik, Ruslan Abdulgani yang ditugaskan jadi sekretaris.

Author: work work

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *