Abu Nawas Membawa Enam Ekor Lembu yang Bisa Bicara

 

Abu Nawas merupakan seseorang sufi bernama komplit Abu Ali Angkatan laut(AL) Hasan bin Hani Angkatan laut(AL) Hakami. Beliau hidup pada era kepemimpinan Khalifah Harun Ar- Rasyid di Baghdad serta kerap membuat gempar warga sebab kecerdikannya.

Sesuatu kala Khalifah Harun Ar- Rasyid mengundang Abu Nawas ke kastel buat memberinya suatu tantangan. Khalifah percaya kalau kali ini Abu Nawas tentu tidak hendak dapat melaksanakan tantangan itu.

Dikala Abu Nawas hingga di kastel, beliau juga langsung mengarah Khalifah serta bertanya apa yang dapat beliau jalani.

Khalifah Harun Ar- Rasyid mengatakan,” Aduhai Abu Nawas, saya mau anda datangkan 6 akhir jawi, yang berjenggot serta ahli berdialog. Sepekan lagi anda wajib mendatangkannya. Bila tidak hingga saya hendak hukum kalian!”

Walaupun tantangan yang diserahkan Khalifah terkesan nyeleneh, hendak namun Abu Nawas senantiasa menyanggupinya.

” Oke tuanku, hamba sanggupi perintah tuan,” tutur Abu Nawas.

Sehabis kembali, Abu Nawas bersandar bengong mempertimbangkan apa yang wajib beliau jalani. Beliau apalagi tidak pergi rumah sampai membuat para tetangganya bingung.

Kemudian pas sepekan semenjak Abu Nawas diperintah Khalifah, beliau pergi rumah. Walaupun belum menciptakan jawi yang dimohon Khalifah, Abu Nawas senantiasa berani buat mengarah.

Dalam ekspedisi ke kastel, Abu Nawas menghadiri gerombolan orang serta bertanya hari apa dikala itu.

” Aduhai kanak- kanak belia, hari ini hari apa? Jika balasan kamu salah, saya hendak membawa kamu ke hadapan raja, jika betul hendak saya lepaskan,” tutur Abu Nawas.

Tiap- tiap dari anak muda itu menanggapi apa yang ditanyakan Abu Nawas. Tetapi, tidak terdapat seseorang juga yang betul menanggapi hari yang Abu Nawas arti. Beliau juga bawa beberapa anak muda itu ke hadapan Khalifah.

Sesampainya di hadapan Khalifah, Abu Nawas langsung membuktikan arti kedatangannya.

” Betul Abu Nawas, mana jawi berjenggot yang dapat ucapan itu?” pertanyaan Khalifah Harun Ar- Rasyid.

Abu Nawas mendadak langsung menunjuk 6 orang yang beliau membawa sampai membuat mereka kaget.

Khalifah yang pula terkejut juga menanya,” Hai Abu Nawas, apa arti yang kalian tunjukkan itu?”

” Aduhai paduka, tanyakan saja pada mereka hari ini hari apa,” jelas Abu Nawas.

Kala Khalifah Harun Ar- Rasyid bertanya hari itu, nyatanya 6 anak muda itu senantiasa tidak ketahui balasan apa yang sepatutnya mereka tuturkan.

Abu Nawas lalu mengatakan,” Begitulah paduka, jika mereka orang sepatutnya mereka ketahui saat ini hari apa. Tetapi tampaknya mereka tidak ketahui. Sesungguhnya mereka ini apakah betul- betul orang? Inilah jawi berjenggot yang cerdas ucapan itu paduka.”

Mengikuti uraian Abu Nawas, Khalifah Harun Ar- Rasyid bingung alhasil beliau tidak jadi menghukumnya. Abu Nawas juga menemukan hadiah dari raja.

Author: work work

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *